Renungan

Melihat Yang Tak Terlihat

Ayat : Ibr. 5-8

Dalam dunia yang materialistis seperti saat ini, kita cenderung berkesimpulan bahwa hal-hal yang nyata adalah hal-hal yang dapat kita kenal melalui panca indera. Memang ada hal-hal nyata yang tak dapat kita lihat, yakni hal-hal yang ada di belakang kita, jauh dari kita, atau yang ada dalam kegelapan.
Namun ada dunia nyata lain, yang sama nyatanya dengan hal-hal yang bisa kita lihat, dengar, sentuh, rasa, atau cium di dunia ini. Dunia itu ada di dekat kita bukan di suatu tempat yang belum diketahui, melainkan "di sini". Dalam dunia itu ada banyak malaikat yang menolong kita, yang tidak dapat dilihat oleh dunia (Ibrani 1:14). Pemazmur Daud menyebut mereka kekuatan dari beribu-ribu kereta (Mazmur 68:18). Kita memang tidak dapat melihat Allah ataupun para malaikat-Nya dengan mata jasmani kita. Namun mereka ada, walaupun mungkin kita tidak dapat melihat mereka. Saya percaya mereka ada di berbagai tempat di dunia ini.
Iman adalah sarana untuk dapat "melihat" dunia yang tidak kelihatan itu. Inilah fungsi iman kita yang sebenarnya. Dengan iman kita melihat dunia rohani, sedangkan dengan panca indera kita mengenal dunia jasmani yang kasat mata. Penulis kitab Ibrani mengatakan bahwa iman adalah "bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat" (Ibrani 11:1). Dengan iman kita menyadari adanya dunia rohani sehingga kita dapat belajar untuk bersandar kepada pertolongan Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Akhirnya, tujuan kita adalah "membuka mata" agar dapat melihat yang tidak terlihat.

Edisi - 23 Feb 2020

download

Edisi - 16 Feb 2020

download

Shallom

Kami sangat senang dengan kunjungan Saudara/i dan berdoa agar Saudara/i menerima berkat Tuhan Yesus yang melimpah melalui website ini.

Mari bergabung bersama dalam Ibadah kami yang disertai dengan doa, pujian, dan penyembahan, biarlah Firman Tuhan Yesus menjamah dan memberkati kehidupan Saudara/i.